Sunday 25 October 2015

Info penyakit Gigi pada Anak dan Cara Mengatasinya


Macam-macam penyakit gigi dan mulut


gigi sehat karies gigi adalah menambal gigi berlubang mencabut gigi
karies gigi penyakit gigi
Anak-anak lebih rentan terkena berbagai masalah kesehatan gigi karena anak-anak begitu menyukai makanan dan minuman manis dan masih sedikit memiliki kesadaran akan pentingnya menggosok gigi secara rutin. 
Padahal, makanan dan minuman manis adalah pemicu utama timbulnya berbagai penyakit pada gigi.

Terdapat dua jenis masalah kesehatan gigi yang paling sering dialami oleh anak-anak, yaitu karies gigi dan gigi berlubang dan kedua masalah pada gigi dipicu oleh kebiasaan si anak yang tidak langsung menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan atau minuman manis seperti pemen, es krim, cokelat, dan lain sebagainya.

Karies gigi


Sebagian besar anak sepertinya pernah mengalami karies gigi. Karies gigi memang menjadi salah satu penyakit gigi pada anak yang paling sering diderita oleh anak-anak.

obat sakit gigi anak anak obat sakit gigi balita macam-macam penyakit gigi dan mulut
merawat gigi dan mulut
Karies gigi sendiri merupakan suatu kondisi di mana gigi susu terkikis karena si anak terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Sisa gula yang menempel pada gigi kemudian mengendap dan menumpuk karena tidak dibersihkan. Akibatnya kuman dan bakteri pada mulut memakan sisa gula tadi dan pada akhirnya akan turut mengikis gigi susu pada penderita.

Karies gigi sebaiknya segera ditangani karena jika tidak si penderita akan merasakan nyeri pada giginya dan pada akhirnya enggan untuk makan karena gigi terasa sakit ketika mengunyah.

Gigi berlubang

mencegah gigi berlubang merawat gigi berlubang obat sakit gigi untuk balita anak sakit gigi
merawat gigi berlubang

Masalah kesehatan gigi lainnya yang juga paling sering diderita oleh kalangan anak-anak adalah gigi berlubang. Sebenarnya penyebab utama gigi berlubang sama saja dengan penyebab karies gigi pada anak, yaitu konsumsi makanan dan minuman manis yang terlalu sering dan kurangnya kesadaran pada anak akan pentingnya menggosok gigi.

Sisa makanan, terutama makanan manis, yang menempel pada sela-sela gigi menjadi makanan bagi kuman penyebab gigi berlubang. Gigi berlubang bisa saja bertambah parah dan bahkan gigi bisa habis jika tidak segera mendapat pengobatan dari dokter spesialis gigi.

Jika terjadi demikian, kemungkinan besar proses pertumbuhan gigi permanen anak akan terganggu. Karang gigi juga kerap terjadi pada kalangan usia anak-anak. Hanya saja prosentasenya tak sebanyak masalah gigi berlubang dan karies gigi.

No comments:

Post a Comment